Blogger Widgets

Sabtu, 31 Agustus 2013

4 Bagaimana Cara Merancang Bangun Dan Menganalisa WAN

          Hy Brother's kali ini gue mau ngeposting tentang jaringan WAN , apa itu WAN ??? kepanjangan dari Wide Area Network suatu jenis dari sebuah jaringan komputer , berbahas tentang tinjauan ulang internet working  , manajement jaringan dan sampai merancang jaringan WAN yang terintegrasi dengan sekuriti dan voice transport .
Contoh jaringan WAN :


'' Jaringan WAN ''

          Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan koneksi suatu jaringan WAN menjadi DOWN yaitu :
  • Terlalu banyaknya Host yang di gunakan { peralatan dalam suatu jaringan seperti PC printer , router , hub , Swith , t connector , DLL } .
  • Broadcast Storm
  • Multicasting
  • Bandwith yang kecil 
          Di sarankan agar menggunakan brige dalam sebuah jaringan untuk mengurangi collision domain pada broadcast domain menambahkan jumlah collision domai pada jaringan yang otomatis akan menambah bandwith untuk para pengguna,meskipun brige digunakan untuk segmentasi network,brige tidak bisa mengisolasi broadcast. rancangan network terbaik adalah penggunaan swith dengan router yang dikonfigurasikan dan di tempatkan dengan sesuai kebutuhan . 

Perbedaan Router dan Switch:
Router
  • menghubungkan dua atau lebih network dan bertugas sebagai perantara dalam menyampaikan data antar network
  • membagi atau memecah sebuah broadcast domain.
  • router bisa menyaring network dengan menggunakan informasi pada layer 3 seperti alamat ip.
  • router sering di gunakan untuk koneksi LAN
Switch
  • untuk menghubungkan antar netwrok tetapi digunakan untuk memaksimalkan jaringan LAN
  • switch memisahkan collision domain tetapi tetap dengan 1 broadcast domain.  
  • switch menggunakan informasi 2 layer atau di data layer .
          Dan ada beberapa jenis konektifitas dalam WAN yaitu :
  • Leased line
Biasanya disebut sebagai koneksi point-to-point atau dedicated koneksi. Leased Line jalur komunikasi WAN yang dibangun dari CPE melalui DCE switch, menuju remote site CPE memperbolehkan jairngan DTE untuk berkomunikasi kapan saja dengan tanpa prosedur settingan sebelum mentransmisikan data.Ketika biaya bukan masalah,ini adalah pilihan yang terbaik.Leased Line menggunakan synchronous serial lines sampai dengan 45Mbps. Enkapsulasi HDLC dan PPP seringkali digunakan dalam leased line . 
  • Circuit Switching
Circuit switching menggunakan dial-up modems atau  ISDN, dan biasa digunakan untuk pengiriman data pada bandwith yang kecil . ISDN adalah layanan telekomunikasi seluruh dunia yang menggunakan transmisi digital dan teknologi switching untuk mendukung komunikasi data digital dan suara . 
  • Packet Switching
Merupakan metode Switching WAN yang memungkinkan perusahaan kita untuk berbagi bandwidth dengan perusahaan  untuk menghemat biaya . 

          Dan di bawah ini merupakan perangkat yang digunakan jaringan WAN yaitu :
  • Router
          Merupakan penyaring atau filter lalu lintas data. Penyaringan dilakukan dengan menggunakan routing protocol tertentu. Router bukanlah perangkat fisikal, melainkan logikal. Misalnya sebuah IP router dapat membagi jaringan menjadi beberapa subnet sehingga hanya lalu lintas yang ditujukan untuk IP adress tertentu yang dapat mengalir dari suatu segmen ke segmen lainnya . 
  • Switch
          Dikenal sebagai istilah LAN switch merupakan perluasan dari bridge. Ada dua buah arsitektur switch , sebagai berikut :

1. Cut Throught merupakan arsitektur switch tertuju pada kecepatannya , karena pada saat sebuah paket datang, switch hanya memperhatikan alamat tujuan sebelum diteruskan ke segmen tujuannya .
2. Store And Forward merupakan arsitektur Switch menerima dan menganalisa seluruh isi paket sebelum meneruskannya ketujuan dan untuknya memerlukan waktu .
  •  Hub
          Merupakan suatu perangkat penghubung antara Server-Client pada topologi STAR yang memiliki banyak slot PORT LAN , yang memiliki kelebihan yang sangat unggul dari pada jenis topologi lain nya dan juga konektifitas yang lebih besar dan bila melakukan transfer data tidak akan terkena DELAY { tabrakan data } .
  • Cable
dalam jaringan WAN di anjurkan menggunakan 2 jenis cable yaitu :
1. UTP Cable merupakan cable standar yang biasa di gunakan dalam suatu jaringan yang berfungsi menghubungkan Client-Server yang menggunakan koneksi RJ-45 .
2. Fiber Optic Cable merupakan Cable yang memiliki daya tahan yang lebih kuat di bandingkan UTP Cable yang berfungsi untuk menghubungkan antar Router , Switch , Hub dan Acces Point yang membentuk suatu jaringan WAN .

Nah gimana Agan... postingan gue masi sukar di mengerti y hahahha , bila ada yang ingin di tanyakan Coment aja GAN... LIKE y berikan gue +1 mu hahah sampai ketemu lagi .

Sumber : http://masocim.wordpress.com/2011/10/16/membuat-desain-jaringan-berbasis-luas-wan/

4 comments

1 September 2013 pukul 22.27

Nz blog

1 September 2013 pukul 23.18

Nz blog Gan

1 September 2013 pukul 23.31

Ilmu nya lumayan bermanfaat...

21 Januari 2016 pukul 07.09

Sankyuu buat artikelnyaaa ^^

Posting Komentar

My FaceBook

Archive

Diberdayakan oleh Blogger.
 

About

Blogroll

Archive